2 Cara Mengganti Template Blog

Bagi para blogger template sudah tidak asing lagi, karena template merupakan hal yang diperlukan untuk membuat sebuah blog. Begitu juga situs hosting berbayar juga menggunakan yang namanya template. Bagi kita yang menggunakan hosting gratis seperti blogger, wordpress dan sebagainya kita tidak bingung lagi untuk membuat template karena sudah ada disediakan berupa template standart atau default.

Template default biasanya sederhana dan kurang menarik maka bagi sebagia blogger mendesain template sendiri dan ada juga yang mengeditnya dengan cara menambah script atau css. Dengan demikian template yang disediakan oleh hosting gratis kurang menarik maka ada blogger yang mencari template-template yang disediakan oleh situs penyedia template baik secara gratis atau pun template yang premium.

Walaupun sudah premium template yang ada kadang kala tidak cocok buat kita karena tidak sesuai keinginan kita sehingga kita harus mengeditnya sendiri. Tetapi bagi kita yang sudah cocok dan sudah bisa kita gunakan untuk blog atau situs kita maka kita akan memakainya.

Sebelum mengganti template lebih baik kita pikir dulu karena kadang-kadang dengan kita mengganti template ada kemungkinan pengunjung kita akan berkurang dan ada juga yang bertambah. Mengganti template blog mungkin akan berpengaruh dengan SEO sebuah blog.

Maka pada artikel kali ini kita akan menulis sedikit cara menggantikan template blog kita. Sebelum menggantinya kita harus mendownoad dulu template yang sesuai dengan keinginan kita. Untuk mencari template kita bisa mencari di browser kita dengan menulis kata kunci download template blogger dan sebagainya.

Dalam menggantikan template kita bisa memakai dua (2) cara yang mungkin akan berpengaruh juga dengan cara yang berbeda pada sebuah blog. Adapun caranya yaitu :

1. Cara pertama
Sediakan template terlebih dahulu yang sudah di download tadinya. Kemudian kita masuk ke akun blogger dan bagi kita yang belum mempunyai bisa membaca cara membuat blog yang sudah kita tulis pada artikel sebeumnya.

Setelah masuk ke akun blogger kita menuju menu Template dan klik Cadangkan / pulihkan dan kemudian klik Pilih File yang sudah di download tadinya lalu klik Unggah, tunggu sampai proses selesai tetapi untuk menyimpan template dasar kita bisa klik terlebih dahulu Unduh Template Lengkap mungkin kita ingin menggunakan template dasar ini di kemudian hari. Selajutnya Tutup maka template blog kita sudah diganti.

2. Cara kedua
Untuk cara kedua ini kita buka dulu template yang telah kita download tadinya dengan cara klik kanan pada file / template tekan Open With dan pilih Notepad. Kemudian copy semua kode html tersebut dengan menekan Ctrl + A dan tekan Ctrl + C.

Selanjutnya kita masuk ke akun blogger dan masuk ke menu Template, maka kita klik pada Edit HTML. Kemudian blok semua kode html template dasar dan hapus atau langsung kita paste kode html yang sudah di copy tadi pada Notepad. Sesudah itu klik Simpan Template dan lihat blog kita sudah diganti atau belum.

Template blog sudah kita ganti dan tinggal menambah widget - widget yang diperlukan atau ada widget yang harus kita hapus. Biasanya template yang kita download banyak widget - widget tambahan. Maka kita bisa menghapusnya untuk mengurangi widget yang tidak terlalu penting dan dengan berkurangnya widget akan mempercepat loading blog kita. Dengan cepatnya loading blog maka akan membuat blog kita lebih SEO Friendly.

Dua cara di atas merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mengganti template kita. Demikian sedikit tulisan yang dapat kita tulis pada postingan ini mengenai tutorial blogBaca juga artikel lainnya Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Blogger Atjeh • Template Design Ra21 Atjeh • Editor Singgah In • Redesign Ruang Inet
My Notes ™Razi • Support ADM• Published Blogger Atjeh• Powered by Blogger.com